mendatangkan traffik SEO dengan halaman tag wordpress

Akibat update google panda yang menghebohkan akhir – akhir ini, beberapa blogger merekomendasikan untuk menonindex halaman yang tidak bermanfaat termasuk halaman tag. Menurut mereka update google panda sekarang lebih fokus pada halaman yang bermanfaat bagi pengunjung dan tidak terlalu memperhatikan banyaknya halaman yang terindex. Mereka menyarankan agar fokus pada halaman posting yang bermanfaat bagi pengunjung dan membuang (me-nonidex) halaman yang tidak perlu seperti halaman category, halaman tag, halaman search.
Padahal selama ini halaman tag merupakan salah satu peluang bagus untuk menambah index di halaman pencarian google. Secara logika semakin banyak index halaman kita semakin besar peluang menangkap traffik dari google.
Alasan sang blogger untuk menghilangkan halaman tag dari index google berkaitan dengan update algoritma google biasa disebut google panda. Google Panda mengisyaratkan bahwa banyakya halaman yang tak penting dan tidak seo friendly, ataupun mendekati duplikat konten dengan halaman halaman lain akan menjadikan nilai SEO dari domain yang bersangkutan akan menurun.
Awalnya juga khawatir tentang ini dan takut bila halaman tag saya terdeteksi sebagai duplikat konten tentunya akan menurunkan traffik blog saya. Setelah melalui beberapa trik dan tips sederhana blog saya malah naik traffiknya 2 kali lipat. bahkan beberapa pengunjung yang berasal dari search engine masuk ke halaman tag. Ini berarti update google sendiri masih bisa dikubuli. Buktinya masih banyak pula blog AGC dan autoblog yang hidup dan tidak di banned google. Walaupun google merupakan salah mesin tercanggih saat ini tetap saja dia bukan manusia dan ada celah untuk bermain-main

Mendatangkan traffik SEO ke halaman tag wordpress

sebetulnya ini dari trik saya cukup sedrhana, yaitu mengatur agar halaman tag tetap unik dan beda dengan halaman single post. Beberapa hal yang saya lakukan untuk itu ,

1. memasukan keyword dalam tag

ketika saya selesai menulis posting sudah kebiasaan saya untuk memasukan keyword yang berhubungan dengan posting tersebut ke dalam tag. Untuk masalah ini bisa di telusuri lagi artikel yang sudah ditulis dan bila ada keyword penting segera saya masukan ke tag. Selain itu untuk mencaring long tail keyword saya sedikit sekali menulis keyword satu kata, rata-rata keyword yang masukan dalam tag terdiri dari 2 – 3 kata. Untuk satu posting saya memasukan 10 – 15 keyword ke dalam  tag.
Lebih bagus lagi keyword yang dimasukan termasuk dalam LSI , anda bisa menemukan keyword LSI dari google wonder wheel. Bila ingin praktis install plugin ClickBump SEO , kebetulan saya punya plugin ini.

2. Membuat unik halaman tag wordpress

Trik berikutnya adalah bagaimana caranya agar halaman tag unik  berbeda dengan halaman single post. Anda bisa tes dengan membandingkan terlebih dahulu halaman tag dengan halaman post. Bila sudah beda berarti OK. Bila tidak maka saya menyiasati dengan memberikan read more pada artikel posting saya. Sehingga bila dibuka halaman tag hanya sebatas read more, sedang bila dibuka halaman single post akan terlihat konten secara utuh.
Trik ke tiga yang dilakukan adalah memanfaatkan widget. Widget halaman tag saya design berbeda dengan halaman single post. Contohnya dalam blog ini, widget kategori pada halaman posting akan saya ganti dengan widget random search term.
Untuk mengatur widget hanya muncul pada halaman tertentu silahkan anda install plugin yang mengatur widget pada halaman tertentu seperti plugin widget context atau plugin sejenis lainnya.

Pengaturan SEO  halaman yang minim konten

Bagaimana dengan trik SEO untuk halaman yang minim konten, seperti halaman about, privacy policy, registrasi, login dan kontak? untuk masalah ini tidak perlu trik SEO karena semesti tidak perlu diindex. Gunakan plugin Robots Meta untuk nonindex dan nofollow halaman-halaman yang miskin konten.
Kembali ke masalah halaman tag,
dengan melakukan trik di atas masalah index halaman tag sudah sedikit teratasi. Namun efek kualitas SEO dari blog anda juga bisa berkurang gara-gara tag yang anda buat. Untuk itu harus melakukan hal sederhana. Materi kali ini khusus bagi yang sudah menjadi member blog ini.
Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login melalui form login di sidebar

0 comments:

Post a Comment