menulis posting SEO yang disukai pengunjung dan google

Bagaimana Cara menulis posting yang SEO frinedly disukai google sekaligus pengunjung blog anda? Search engine seperti google dan bing memang bukan manusia mereka hanya mesin yang bisa membaca kode-kode saja. Maka sebetulnya asalkan tahu isi algoritma search engine dan tahu apa yang diinginkan oleh spider search engine maka sangat mudah bagi setiap blogger menulis artikel seo dengan skor 100%.
Tetapi tentunya hal ini kurang efektif karena yang datang dan membaca artikel yang kita tulis sebetulnya adalah manusia juga. Sedangkan spider search engine hanya memfilter mana dari sekian juga artikel yang online merupakan informasi yang relevan dengan yang kita cari. kalau kita hanya fokus pada kode-kode dan tanpa memperhatikan gaya penulisan kita akibatnya pengunjung bakal males dan pusing membaca artikel blog kita.
Di sini akan saya bahas mengenai cara menulis artikel di postingan blog yang bukan hanya bagus di mata google tetapi juga enak dibaca. OK mari kita bahas secara perlahan saja karena postingan kali ini lumayan panjang.

Hindari kesalahan menulis posting

Hal yang perlu diperhatikan pertama dari blog anda adalah theme yang anda pilih. Jangan sampai anda memilih theme yang memiliki design amburadul dengan font yang terlalu kecil atau kebesaran , atau kejelekan lainnya.
Sebagai contoh theme ini, awalnya theme yang saya pakai ini termasuk tidak cocok karena ada beberapa tag yang hurufnya terlalu besar dan bikin mata kaget gara-gara font dari tag H2 dan H1 yang sangat gede. Akhirnya dengan sedikit merubah kode style.css file jadilah postingan yang enak dibaca walaupun terkadang di halaman tag masih bikin mumet.
Untuk merubah kode style.css sangat mudah, tapi sebagai anti sipasi sebaiknya di backup dulu supaya kalau ada yang error di upload ulang sudah kembali normal.
Tahap awal masuk ke Appearance -> Editor. Biasanya akan langsung masuk ke style.css :
menulis posting SEO yang disukai pengunjung dan google
Lanjutkan dengan mencari tag h1, h2 atau tag lain yang ingin anda rubah. Contohnya untuk mencari tag H1, ketik CTRL + F kemudian ketik H1 maka akan langsung menuju kode css h1.
menulis posting SEO yang disukai pengunjung dan google
Pada kode tersebut anda bisa merubah ukurannya berdasarkan % font-size: 180% atau pt font-size: 12pt.
Di dalam style.css anda sebetulnya bisa merubah maupun nambahkan kode untuk mengatur ukuran , warna dan lainnya.
Untuk lengkapnya silahkan juga baca kesalahan menulis posting blog

Persiapan Menulis Posting yang SEO friendly

Sebelumnya settingan dulu blog wordpress anda agar menjadi SEO standar seperti menu permalink, ping, privacy, writing dll , bila masih aam tentang hal wordpress saya sarankan baca cafebisnis panduan wordpress terlengkap. Kemudian siapkan 2 hal komponen 2 utama. Ada dua hal yang saya tekankan di sini pertama theme dan plugin :

Theme yang cocok untuk posting SEO friendly

Sebelum masuk ke wilayah teknik penulisan hal yang perlu anda perhatikan adalahn theme yang anda pakai. Theme yang ideal anda guankan minimal memenuhi kriteria :
1. SEO friendly, cara ngeceknya tiada cara lain selain anda install dulu kemudian anda cek apakah strukturnya sudah standar ( header, body, sidebar, footer) selain ituperlu di cek  apakah pada setiap posting yang anda tulis judul postingan anda di tag H1. Untuk rekomendasi saya silahkan masuk ke member area untuk mendownload SEO theme yang saya punya.
2. Loadingnya cepat. jangan menginstall theme yang. Jangan sampai blog anda cepat ditinggalkan gara-gara loadingnya lambat gara-gara theme yang anda pilih. memang kecepatan loading blog tergantung banyak faktor juga termasuk theme yang anada gunakan.
3. Jangan terlalu banyak memasang Popup. Popup memang disukai pemilik blog tapi belum tentu bagi pengunjung. Kalau Popupnya isinya hanya iklan melulu tentu menyebalkan . Pasanglah Popup yang berisi juga penawaran produk gratisan seperti ebook , tool dll.

Plugin seo untuk menulis artikel di blog

Agar semua yang anda tulis tidak perlu dengan perkara sepele maka install dulu dan setting plugin anda secara maksimal. Ada bisa pakai plugin apa saja asalkan fungsinya sama, berikut bebepa plugin yang saya rekomendasikan :
1. All in One SEO Pack. plugin ini mengatur berbagai hal dasar-dasar SEO. saya juga telah membahas
2. plugin XML sitemap dan ping. tujuannya agar mudah terindex, baca artikel ini tentang
3. Plugin sitemap , saya memakai dagon design plugin. cara cukup mudah setelah install buat page baru dan pada HTML view tambahkan kode hasilnya akan seperti halaman sitemap . link web pluginnya : http://www.dagondesign.com/articles/sitemap-generator-plugin-for-wordpress/
4. Plugin STT2, tentu sudah tahu bukan dengan plugin gratisan ini anda bisa mendatangkan keyword yang memperkuat SEO onpage posting anda.
5. Plugin related post, apapun plugin yang anda pakai terserah yang penting fungsinya sama dan usahakan menggunakan yang ringan dan membuat beban server hosting anda berat.
6. Plugin SEO image, SEO link.
7. Plugin SEO score alias OnPage SEO Plugin, yaitu plugin yang berfungsi menghitung skor SEO dari posting yang anda tulis sekaligus membantu mengoptimasi tingkat SEO posting anda. Beberapa plugin jenis ini antara lain SEO Pressor, Clickbump SEO,  Easy SEO WP

Menulis posting yang SEO friendly dan disukai pembaca

Teknik ini benar-benar efektif apalagi bila bersaing di google lokal, dengan bermodal backlink yang sedikit traffik blog saya bisa terus bertambah dan bertambah , yang penting rajin posting. Sebagai bukti berikut gambaran statistik blog saya :
menulis posting SEO yang disukai pengunjung dan google
Pada tanggal 1 May traffik cuma 80 unik pengunjung dan pada 25 Juni menjadi 400 unik pengunjung setiap hari.
Kalau persiapan di atas sudah beres semua dan ide menulis sudah siap selanjutnya anda bisa memulai menulis postingan blog anda. Yang saya tekankan disini adalah bukan hanya soal SEO saja tetapi bagaimana agar postingan anda tetap terarah , enak dibaca tetapi tetap disuka search engine.
Nanti saya juga akan kasih saran plugin tambahan untuk membantu penulisan blog anda agar lebih mudah.
Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login melalui form login di sidebar

0 comments:

Post a Comment